Rapat Tahunan BK-PTKI 2016

Ditayangkan: Selasa, 30 Mei 2017 Ditulis oleh Ryan Agustian

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 - 4 Agustus 2016 bertempat di Hotel Asana Biak, Kabupaten Biak-Numfor, Papua.

Rapat Tahunan BK-PTKI tahun 2016 terdiri atas dua kegiatan, yakni:

  1. University Leadership Program (ULP) For Middle and Eastern Part of Indonesia & Timor Leste.
  2. Konvensi Akademia dan Rapat Tahunan BK-PTKI.

Sesuai keputusan bersama pada Rapat Tahunan BK-PTKI tahun 2015 di Bandung dan surat Ketua Badan Pengurus BK-PTKI, Nomor : 24/DP-BK-PTKI/VIII/2015  Tanggal 31 Agustus 2015, tuan rumah pelaksanaan Rapat Tahunan BK-PTKI tahun 2016 adalah Universitas Ottow Geissler  Papua, Jayapura.

Kegiatan Rapat Tahunan BK-PTKI 2016 diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh  Pdt. Broery, M.Si.Teol (mewakili Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua) dan pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan, Sekretariat Daerah Provinsi Papua, Bapak Naftali Yogi, S.Sos. M.M. (mewakili Gubernur Provinsi Papua).

Selanjutnya, dari tanggal 1-2 Agustus 2016 dilaksanakan “University Leadership Program For Middle and Eastern Indonesia & Timor Leste” yang menampilkan dua narasumber dari “United Board for Christian Higher Education in Asia (UBCHEA), yaitu Mr. Mark Pixley dan Dr. Antone Hope.

Dr. Antone Hope menyampaikan materi tentang “Introduction to The United Board dan “The Future of Christian Higher Education in Asia : Importance of Leadership and Human Capital In The Time Of Change and Globalization”, sedang Mr. Mark Pixley menyampaikan topik “The Future Of Christian Higher Education In Asia : University Leadership For Middle and Eastern Part Of Indonesia & Timor Leste Universities and Colleges Leaders.

Dalam penyampaian materi Dr. Antone Hope menggunakan metode “Lecture & Discussion sementara Mr. Mark Pixley menggunakan metode “Open Space Technology” dengan pendekatan “Learning by Doing” dimana peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan “Knowledge and Experience Sharing” tentang pengelolaan Universitas. Para peserta diminta untuk menjawab tiga pertanyaan pokok, yaitu : “Where Are We”; “What Are Our Opportunities, Succes and Failures In The Past" dan bagaimana menata diri untuk melakukan gerakan “Moving Forward” melalui suatu “Action Plan” yang “Simple”, “Measurable”, “Attainable”, “Realistic”, dan “Time Bound” di dalam suatu “Good Networking Among Christian Universities & Colleges In Indonesia”.

Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah agar pimpinan Perguruan Tinggi Kristen dapat melakukan strategic planning untuk pengembangan universitas sedemikian rupa sehingga melalui good governance dan “aculty development, university quality assurance dapat terjamin.

Pada tanggal 3-4 Agustus 2016 dilaksanakan Konvensi Akademia dan Rapat Tahunan BK-PTKI.  Pada acara Konvensi Akademia para peserta dibagi dalam tiga kelompok kerja, yaitu:

1.     Bidang Akademik, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat;

2.     Bidang Pengembangan SDM & Keuangan;

3.     Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama;

yang masing-masing dipimpin oleh DR. Ir. Jongkers Tampubolon M.Sc; Prof. DR. Pasolang Pasapan, SH., MH; dan DR. I Wayan Damayana, S. Th, M.Si.

Peserta dibagi menjadi kelompok peserta University Leadership Program (ULP) dan kelompok peserta Konvensi Akademia & Rapat Tahunan BK-PTKI. Jumlah peserta untuk ULP 28 orang, sedangkan untuk Konvensi Akademia & Rapat Tahunan BK-PTKI dihadiri oleh 44 orang, terdiri dari Dewan Pembina, Badan Pengurus BK-PTKI, serta Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia.